Anda Pasti Sudah Kaya Kalau Tahu 5 Hal Ini 10 Tahun yang Lalu

Jakarta, pojokdepok.com –¬†Kalau saja Anda tahu lima hal atau peristiwa ini 10 tahun lalu yang mungkin saja bisa mengantarkan Anda menjadi crazy rich atau orang kaya raya di 2023.

Bagi Anda yang baru tahu sekarang, jangan sedih karena masih ada kesempatan untuk jadi kaya di masa depan.

Selamat bila Anda berhasil memanfaatkan momen-momen tersebut. Saat ini Anda sudah bisa memiliki kekayaan bersih dengan nilai yang cukup fantastis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lantas apa saja peristiwa yang dimaksud dan bisa membuat Anda kaya hari ini jika Anda sudah mengetahuinya 10 tahun yang lalu? Berikut ulasannya.

Harga 4 saham bank besar 10 tahun yang lalu masih murah

Saham-saham bank besar di Indonesia memang terbukti bisa memberikan cuan fantastis bagi para investornya.

Jika dilihat secara historis hingga akhir penutupan perdagangan 19 September 2023, dalam 10 tahun harga saham-saham bank tersebut sudah naik sebesar:

BBCA : 320%

BBNI: 104%

BBRI: 221%

BMRI: 159%

Hal ini menunjukkan bahwa pada tahun 2013, harga saham-saham bank besar ini masih tergolong murah.

Harga emas 10 tahun yang lalu Rp500 ribuan per gram

Harga 1 gram emas di tahun 2023, lebih tepatnya di bulan Januari adalah Rp585 ribuan. Jika Anda sudah membeli emas pada saat itu dan menyimpannya hingga kini, maka harga emas Anda sudah naik sebesar 64%!


Walaupun kenaikan tersebut masih di bawah saham-saham perbankan, namun diversifikasi saham dan emas merupakan hal yang cukup cerdas dilakukan.

Karena ketika pasar saham mengalami crash, harga emas umumnya mengalami kenaikan yang signifikan.

Menuruti keinginan bak minum air laut

Semakin Anda menuruti keinginan dalam urusan gaya hidup atau yang lain, maka ketahuilah bahwa hal tersebut sama saja dengan minum air laut saat haus.

Ketika seseorang menenggak air laut, maka rasa haus orang yang bersangkutan tidak kunjung hilang dan malah bertambah.

Jika Anda sudah mengetahui hal ini 10 tahun yang lalu, mungkin saja Anda akan berjuang untuk bisa menahan diri agar mampu menggunakan sebagian besar uang Anda untuk berinvestasi.

Ada jurus maut untuk tahu kapan investasimu cuan 100%!

Apakah Anda cukup familiar dengan rumus Rule of 72?

Dilansir dari Forbes, Rule of 72 merupakan rumus paling sederhana untuk memprediksi berapa lama modal investasi Anda akan naik 100%.

Intinya, jika investasi Anda dalam setahun akan menghasilkan imbal hasil sebesar 8%, maka dalam jangka waktu sembilan saja tahun maka modal investasi Anda akan bertambah dua kali lipat atau 100%.

Dari mana angka sembilan yang disebutkan? Tentunya adalah dari hasil bagi 72/8 = 9.

Dari perhitungan ini, terlihat jelas bahwa apabila di tahun pertama, seseorang menempatkan uang sebesar Rp1 juta, di instrumen yang bisa menghasilkan imbal hasil bersih 8%.

Jika orang tersebut membiarkan modalnya hingga 9 tahun, maka uang Rp1 juta akan berubah menjadi Rp2,02 juta.

Banyak saham murah yang bisa bikin Anda jadi konglomerat

Bukan hanya perbankan, banyak sekali saham-saham yang terbukti bisa membuat Anda kaya jika Anda membelinya 10 tahun yang lalu. Tiga di antaranya adalah:

MTDL naik 1102% dalam 10 tahun
INKP naik 854% dalam 10 tahun

AMRT naik 408% dalam 10 tahun

Jangan khawatir karena sampai saat ini pun masih ada mutiara terpendam yang bisa Anda temukan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Namun tentunya, Anda harus menguasai analisis fundamental yang baik dan menerapkan strategi value investing dalam saham.

Agar Anda bisa lebih mudah dalam menemukan saham-saham bervaluasi murah, Anda bisa melihat rekomendasi saham di aplikasi InvestasiKu.

InvestasiKu adalah aplikasi besutan PT Mega Capital Sekuritas dengan user interface yang bersahabat dan memiliki banyak keunggulan.

Selain bisa mendapatkan MPC Point yang bisa digunakan untuk membeli saham atau belanja di merchant CT Corp, InvestasiKu merupakan satu-satunya aplikasi trading saham dan obligasi yang terintegrasi dengan pojokdepok.com.

Hal itu bisa memudahkan para pengguna untuk memantau berita seputar pasar dengan mudah. Anda bisa mengakses aplikasi InvestasiKu lewat aplikasi pojokdepok.com di fitur My Investment. Tunggu apalagi, segera download aplikasi InvestasiKu sekarang.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Kata ChatGPT Ini 5 Investasi yang Pas untuk Usia 30an

(aak/aak)