Kelurahan Kukusan Studi Tiru Proklim ke Kampung Setaman Ratujaya

pojokdepok.com – Kampung Setaman RW 07, Kelurahan Ratujaya kedatangan rombongan aparatur dan warga dari Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Rabu (13/09/23). 

Kunjungan mereka ke sana dalam rangka mempelajari implementasi Kampung Proklim.

Lurah Kukusan, Gunawan menuturkan, Kampung Setaman dijadikan rujukan karena implementasi Program Iklim (Proklim) sudah diakui hingga tingkat nasional. Di sini hampir seluruh Rukun Tetangga (RT) warganya sudah menjalankan kegiatan berbasis lingkungan.

“Alhamdulillah, kami bisa berkunjung studi tiru ke Kelurahan Ratujaya, Proklim di sini luar biasa. Kelurahan Kukusan akan amati, tiru, dan modifikasi program yang ada, sehingga ke depannya berharap Kukusan bisa begini,” ujarnya kepada pojokdepok.com, usai kunjungannya.

Selama di RW 07 Kelurahan Ratujaya, aparatur dan warga Kelurahan Kukusan melihat aktivitas warga Kampung Setaman yang sudah menerapkan penghijauan di setiap rumahnya. Ada juga kantin yang dikhususkan bagi penanganan masalah sampah dan pengolahannya.

“Sungguh luar biasa kita bisa melihat langsung, menambah semangat warga Kukusan untuk berkegiatan Proklim,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua RW 07 Kelurahan Ratujaya, Sanusi menuturkan, Kampung Setaman sudah kerap dikunjungi oleh pemerintah, akademisi, dan mitra lainnya.

“Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat dan Kota Depok semakin hijau kotanya,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Ratujaya, Jayadi berharap, Kampung Setaman tetap menjadi motor penggerak wilayah agar mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan tetap asri.

“Alhamdulillah Kampung Setaman jadi tolok ukur wilayah lain, saya harap warga selalu menjaga lingkungan bersih, aman, nyaman dan berseri seperti moto Ratujaya,” pungkasnya. (JD 05/ED 02)