Sambut HGN ke-63, PERSAGI Bersama Dinkes Kota Depok Adakan Penyuluhan dan Konsultasi Gizi hingga Cek Kesehatan Gratis

pojokdepok.com- Menyambut Hari Gizi Nasional (HGN) Ke-63 tingkat Kota Depok, Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Kota Depok bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) menyelenggarakan berbagai kegiatan dari penyuluhan dan konseling gizi hingga pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada seluruh masyarakat di Alun-Alun Kota Depok, Minggu (05/01/23). Bertema ‘Protein Hewani, Cegah Stunting’, kegiatan ini juga menggandeng pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat.

“Hari Gizi Nasional merupakan momentum untuk menggalang kepedulian serta meningkatkan komitmen masyarakat dan berbagai pihak dalam membangun gizi bangsa Indonesia,” ujar Ketua PERSAGI Kota Depok, Pafitri, kepada pojokdepok.com usai kegiatan tersebut.

Lanjutnya, terutama dalam upaya pencegahan stunting. Pasalnya, masih tingginya kasus stunting di Indonesia, yang erat kaitannya dengan asupan protein hewani.

“Dalam banyak literatur dan studi disebutkan adanya bukti kuat hubungan antara stunting dan konsumsi pangan hewani pada balita 6 sampai 23 bulan. Seperti susu atau produk olahannya, daging atau ikan dan telur. Disebutkan bahwa asupan protein hewani yang cukup sesuai usia anak dapat mencegah terjadinya stunting,” ungkapnya.

Pafitri mengatakan, peran ahli gizi menjadi sangat penting dalam upaya mengedukasi dan memotivasi masyarakat tentang pentingnya pola makan yang sehat dan seimbang serta kaya dengan protein hewani

“Jadi, yuk! Cegah stunting¬†dengan konsumsi protein hewani mulai sekarang,” tandasnya. (JD 12/ED 01/EUD03)